Chelsea berhasil meraih gelar juara Liga Europa musim 2018/19 setelah di partai final sukses mengalahkan sesama wakil Inggris, Arsenal degan skor telak 4-1 di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan, Kamis (30/05) dini hari WIB. Empat gol Chelsea pada laga itu masing-masing dicetak oleh Olivier Giroud pada menit ke-49, Pedro menit ke-50, dan brace dari Eden Hazard menit ke-65 dan 72. Sementara gol tunggal Arsenal dicetak oleh Alex Iwobi menit ke-69.

Meskipun berakhir dengan kemenangan telak untuk Chelsea, namun sebenarnya laga berjalan imbang dari awal hingga akhir pertandingan. Selain imbang dalam hal segi penguasaan bola, keduanya juga imbang dalam hal tembakan ke arah gawang, di mana Chelsea melakukan 16 kali tembakan dan Arsenal melakukan 14 kali. Selain itu, ada 4 fakta menarik lainnya yang ikut mengiringi keberhasilan Chelsea menjadi juara Liga Europa, dan berikut adalah lengkapnya.

Trofi Pertama Pelatih Maurizio Sarri

Gelar juara Liga Europa merupakan trofi pertama yang diraih oleh Maurizio Sarri selama menjadi pelatih profesional. Karena selama melatih Napoli dan klub-klub Italia sebelumnya, Sarri tidak pernah meraih satu pun major trofi. Tentu saja ini akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi pelatih yang gemar menghisap cerutu tersebut.

Brace Eden Hazard

Seperti yang sudah disebutkan di awal tadi, di mana Hazard berhasil mencetak dua gol atau brace untuk Chelsea. Dengan demikian, dia menjadi pemain asal klub Inggris pertama yang berhasil mencetak 2 gol dalam sebuah partai final kejuaraan Eropa setelah terakhir kali Mark Hughes melakukannya bersama Manchester United melawan Barcelona di Piala Winner 1991 silam.

Tanpa Pemain Inggris

Meskipun berstatus wakil Inggris, namun pada laga final kali ini Chelsea tidak memainkan satu pun pemain asal Inggris. Dalam Starting XI mereka semuanya menggunakan jasa para pemain asing. Tanpa perlu menggunakan jasa orang asing, kamu pun bisa mendapat banyak keuntungan dengan bermain Play1628 di Safa-TV.net.

Rekor Petr Cech

Petr Cech adalah pemain pertama dalam sejarah yang pernah bermain untuk dan melawan wakil Inggris di final kejuaraan Eropa. Karena sebelumnya Cech juga pernah bermain untuk Chelsea di final Liga Champions 2012, sebelum kemudian dirinya bermain melawan Chelsea di final Liga Europa 2019.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *